About

Photobucket Photobucket

Jumat, 10 Februari 2012

PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN

TUJUAN, PRINSIP DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA AL KHULAFAUR RASYIDIN DAN BANI UMAYYAH
1. Tujuan Pendidikan Islam pada Masa Al Khulafaur Rasyidin dan Bani Umayyah
Pendidikan islam masa pertumbuhan dan perkembangannya serta pada masa berikutnya mempunyai dua sasaran, yaitu: pertama, generasi muda (sebagai generasi penerus) dan masyarakat bangsa lain yang belum menerima ajaran agama islam, dan sasaran kedua yaitu, penyampaian ajaran islam dan usaha internalisasinya dalam masyarakat bangsa yang baru menerimanya yang didalam islam lain disebut sebagai dakwah islam. Sedangkan dalam yang sama yaitu pew arisan ajaran islam kepada generasi penerus di sebagai pendidikan islam.

2. Prinsip-prinsip pendidkan islam pada masa Khulafaur Rasyidin dan Bani Umayyah
Dalam operasionalisasi penyebaran agama islam, islam mendasarkan pada dan prinsip. Pertama, adakalanya menerima sebagian dari unsur-unsur budaya manusiawi yang telah berkembang didaerah tertentu sepanjang dapat diarahkan dan diwarnai sebagai budaya yang islami. Kedua, apabila budaya yang telah berkembang tersebut.
3. Kebijakan Pendidikan Islam pada Masa Khulafaur rasyidin dan Bani Umayyah
Setelah nabi wafat, sebagai pemimpin umat islam adalah Abu Bakar Ash Shiddiq . ia diangkat sebagai khalifah untuk menggantikan nabi Muhammad Saw dan melanjutkan tugas-tugasnya sebagai pemimpin agama dan pemerintahan. (Badri Yasim, 2001: 36). Pada masa Abu Bakar , karena ia diguncang oleh pemberontakan dan orang-orang murtad yang enggan membayar zakat, dan ia menganiayanya dengan memerangi mereka. Maka tidak sedikit umat islam yang terdiri dari sahabat yang hafal Alqur’an gugur dalam peperangan itu.
Anda mungkin juga meminati:

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More